Jubir Rifai : Operasi Hoax kepada Gubernur Enembe Berpusat dari Jakarta

Proyek Strategis Presiden Jokowi Rp850 M di Nabire Papua Berpotensi Terbengkalai
April 21, 2022
Raperda Papua Sebagai Provinsi Olahraga Nasional Mulai Digodok
April 26, 2022

JAYAPURA, Papuaupdate – Hasil olah data tim Juru Bicara Gubernur Papua menemukan sejumlah fakta postingan konten hoax berawal dan berpusat dari Ibu Kota Jakarta. 

Tak sampai disitu, berdasarkan analisis internal tim Juru Bicara Gubernur Papua juga, ditengarai operasi hoax yang diarahkan kepada Gubernur Lukas Enembe, telah disusun secara terstruktur dan sistematis. 

“Otak intelektual diyakini memiliki kepentingan politik jangka pendek, khususnya untuk menjatuhkan kredibelitas Gubernur Papua”.

“Kami masih mengumpulkan sejumlah bukti pesan dan file konten yang disebarkan guna melakukan identifikasi jejak digital,” terang Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus, Kamis (21/4/2022) di Jayapura.

Sepanjang tahun 2021-2022, serangan hoax yang destruktif dan sporadis ditujukan kepada Gubernur Papua diantaranya, tudingan terharap Gubernur Papua yang disebut meninggal dunia. Hoax ini beredar pada bulan Mei 2021 dan bertepatan saat Gubernur Lukas menjalani pengobatan di Singapura.

Kemudian, hoax tentang agenda kepulangan Gubernur ke Papua dari Jakarta, hoax terkait Gubernur Lukas Enembe menjadi Capres 2024, hoax tentang Gerakan Referendum serta kondisi kesehatan gubernur yang dilakukan pada 2021 sampai dengan saat ini.

“Untuk itu, kami juga melaporkan bahwa nomor whatsapp sejumlah pejabat Pemprov Papua telah dikloning pada jam-jam tertentu untuk digunakan menyebar konten-konten hoax”. 

“Gubernur Lukas Enembe berpesan agar seluruh elemen di Pemerintahan Provinsi Papua untuk berhati-hati,” harap ia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan