Kabupaten dan Kota Diminta Rutin Simulasi Penanggulangan Bencana

Raperda Papua Sebagai Provinsi Olahraga Nasional Mulai Digodok
April 26, 2022
Dana Otsus Belum Jelas, Biaya Studi 355 Mahasiswa Gunakan Dana Cadangan
April 26, 2022

JAYAPURA, Papuaupdate – Pemerintah kabupaten dan kota se – Provinsi Papua, diminta rutin melakukan simulasi penanggulangan bencana, agar masyarakat di masing-masing wilayahnya memahami cara dan upaya penyelamatan dini.

“Intinya simulasi yang rutin ini untuk meminialisasi terjadinya korban saat bencana. Sehingga simulasi yang rutin ini sangat penting untuk dilakukan,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Welliam R. Manderi, di Jayapura, Selasa (26/4/2022). 

Selain itu, Welliam Manderi berharap masyarakat di masing-masing rumahnya rutin melakukan simulasi dengan keluarganya. Sebab pemilik rumah diyakini lebih paham dengan kondisi maupun situasi di lingkungannya masing-masing.

“Sangat penting simulasi kesiapsiagaan bencana dalam keluarga. Karena keluarga punya peran yang nantinya akan berkolaborasi dengan seisi rumah”.

“Dan yang utama karena keluarga di rumah itu yang mengetahui kondisinya. Sehingga sepatutnya siaga dari dalam rumah itu sendiri yang penting, guna mengurangi resiko jatuhnya korban jiwa,” terang Welliam.

Selain rutin melakukan simulasi penanggulangan bencana, tambah dia, pihaknya mengimbau BPBD kabupaten dan kota turut melakukan simulasi penanggulangan masalah kebakaran. 

Dengan demikian, diharapkan dapat mencegah jatuhnya korban jiwa maupun meminimalisasi kerugian materil yang lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan