Lantik 106 Kepala Sekolah, Sekda Rumasukun : Kinerja Dievaluasi Setiap Tahun

Tingkatkan Kapasitas PPID, Papua Kunjungan Belajar ke Banten
Mei 23, 2022
Laporan Amnesty Soal Blok Wabu Diapresiasi Gubernur Enembe
Mei 27, 2022

JAYAPURA, Papuaupdate – Sebanyak 106 Kepala Sekolah dilantik secara daring oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Papua M. Ridwan Rumasukun, Rabu (25/5/2022). Pelantikan dipusatkan di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II, Jayapura.

Dalam sambutannya, Sekda Ridwan mengingatkan semua pimpinan lembaga pendidikan yang baru dilantik dan masih menjabat, agar bekerja dengan sebaik-baiknya serta berupaya meningkatkan kualitas karena kinerja mereka mendapat evaluasi setiap tahun.

“Artinya hasil penilaian kinerja tersebut menjadi bahan pertimbangan untuk pemberhentian, penugasan atau perpanjangan kembali masa tugas seorang kepala sekolah,” terang ia.

Ridwan katakan, sektor pendidikan merupakan salah satu program prioritas pemerintah provinsi dalam upaya mewujudkan Papua bangkit, mandiri dan sejahtera.

Dimana salah satu indikator keberhasilan bidang pendidikan, adalah angka indeks pembangunan manusia (IPM). “Untuk itu, semua pimpinan lembaga pendidikan di Papua agar bekerja keras mendorong peningkatan kualitas IPM Papua,” jelas dia.

Sekda tambahkan, cikal bakal berkembangnya sistem pendidikan di Indonesia, tak lepas dari peran Ki Hajar Dewantara.

Tokoh pendidikan nasional ini terkenal dengan sejumlah quotes (kutipan) yang banyak menginspirasi tenaga pendidikan di seluruh Indonesia, untuk membangun dunia pendidikan.

Berkenaan dengan hal itu, Sekda Papua M. Ridwan Rumasukun pun mengingatkan seluruh pimpinan lembaga pendidikan di Bumi Cenderawasih agar memedomani quotes KI Hajar Dewantara, untuk memajukan dunia pendidikan Bumi Cenderawasih.

Dimana beberapa quotes yang terkenal, antara lain ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa dan tut wuri handayani.

“Ing ngarsa sung tulada disini maksudnya kepala sekolah sebagai pemimpin harus bisa memberikan teladan atau contoh yang baik bagi guru, siswa maupun tenaga kependidikan. Kemudian, ing madya mangun karsa, dimana seorang kepala sekolah harus bisa ciptakan ide-ide untuk meningatkan mutu pendidikan di sekolahnya”.

“Kemudian, yang terakhir tut wuri handayani, yang mana seorang kepala sekolah harus bisa memberikan dorongan dan arahan bagi guru, siswa dan tenaga pendidi untuk berprestasi lebih baik,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan