Proyek Infrastruktur Pengaruhi Tingkat Konsumsi Solar Bersubsidi

Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Papua
Juni 29, 2022
Asisten Derek : Kegiatan Kelitbangan di Daerah Perlu Didudukkan Sebagai Pilar Utama Pembangunan
Juni 30, 2022

Foto : www.istockphoto.com

JAYAPURA, Papuaupdate – Pasokan solar bersubsidi yang disediakan PT. Pertamina Persero diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan di Papua. Hanya saja, proyek infrastruktur yang biasanya mulai aktif pada pertengahan tahun, disebut-sebut turut berpengaruh besar pada jumlah stok yang ada Bumi Cenderawasih.

Menurut Kepala Bidang Perdagangan Dinas Peridangkop Papua, Herman Bleskadit, keberadaan penjual BBM eceran, juga sedikit banyak mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar bersubsidi di wilayah setempat. 

“Sehingga kita bisa lihat ketersediaan BBM bersubsidi di SPBU saat ini cepat habis, yang saat ini kita lihat adalah berjenis solar”.

“Sebab kebutuhan BBM yang di suplai pertamina ke SPBU pasti sudah sesuai (kebutuhan). Tapi kan masyarakat beli lagi lalu (ada yang) jual secara eceran di jalan. Sebenanya sudah ada regulasi bahwa tiap orang hanya boleh membeli 20 liter per hari, tapi kalau tiap hari beli otomatis sangat mempengaruhi stok BBM satu minggu,” terang Herman di Jayapura, Rabu.

Oleh karena itu, sambung dia, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Papua berencana melakukan penghitungan kembali jumlah kebutuhan BBM jenis solar subsudi di sejumlah wilayahnya. Hal ini menyusul antrian panjang kendaraan dalam beberapa pekan terakhir, yang mengisi solar bersubsidi di SPBU tertentu. 

Herman pada kesempatan itu mengatakan bakal menggandeng pihak kepolisian untuk menyelidiki dugaan keberadaan kendaraan yang sudah dimodifikasi tangki BBM-nya.

“Bahkan ada dugaan juga bbm ini ditimbun di perusahaan kayu besar di Kabupaten Jayapura atau Keerom. Itu kan kebutuhan solarnya besar dan kemungkinan saja bisa ditimbun disitu, lalu mereka bawa masuk lagi ke kota untuk dijual. Tapi ini masih dugaan dan memang kita butuh keterlibatan pihak kepolisian untuk membuktikan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan